Update tentang islam dari beberapa penulis blog.

APAKAH RAMBUT WANITA HAID YANG RONTOK HARUS DISUCIKAN?

๐Ÿ‘ณUstadz Menjawab
✏Ust. Farid Nu'man Hasan

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน

Assalamuallaikum wr wb...Saya mau bertanya ke ustadz/ah
Apakah di dlm islam ada  hukum serta dalilnya, jika seorang wanita hamil atau nifas, baik rambut, kuku atau anggota badan lainnya tdk boleh rontok/lepas,  kalaupun rontok atau lepas harus disucikan dulu Krn pernah  kejadian. Seorang teman yg khawatir dan mencari-cari  di lantai  rambut rontoknya  saat dia haid sehingga dia kumpulkan, disimpan  rambut tsb di kertas, nanti kalau sudah mandi jinabah, semua rambut yg rontok  diikutkan mandi /disucikan.

๐ŸŒด. Jawaban nya.
 ----------------                                                          Waalaikumsalam  wa Rahmatullah wa Barakatuh.
Bismillah wal Hamdulillah wash Shalatu was Salamu ‘Ala Rasulillah wa ba’d:

Di beberapa kitab para ulama memang ada anjuran untuk tidak memotong rambut dan kuku ketika haid atau junub, seperti Imam Al Ghazali dalam Ihya ‘Ulumuddin-nya. Sehingga hal ini menjadi keyakinan sebagian kaum muslimin.

Sebenarnya, hal ini tidak memiliki dasar dalam Al Quran, As Sunnah, dan ijma’. Baik secara global dan terpeinci, langsung dan tidak langsung, tersurat dan tersirat. Oleh karena itu pada dasarnya tidak apa-apa, tidak masalah memotong rambut dan kuku baik yang haid dan junub.

Hal ini merupakan bara’atul ashliyah, kembali kepada hulum asal, bahwa segala hal boleh-boleh saja selama tidak ada dalil khusus yang melarangnya dari pembuat syariat.
Rasulullah ๏ทบ bersabda:

ุงู„ุญู„ุงู„ ู…ุง ุฃุญู„ ุงู„ู„ู‡ ููŠ ูƒุชุงุจู‡ ูˆุงู„ุญุฑุงู… ู…ุง ุญุฑู… ุงู„ู„ู‡ ููŠ ูƒุชุงุจู‡ ูˆู…ุง ุณูƒุช ุนู†ู‡ ูู‡ูˆ ู…ู…ุง ุนูุง ุนู†ู‡

“Yang halal adalah apa yang Allah halalkan dalam kitabNya, yang haram adalah yang Allah haramkan dalam kitabNya, dan apa saja yang di diamkanNya, maka itu termasuk yang dimaafkan.”
(HR. At Tirmidzi No. 1726, katanya: hadits gharib. Ibnu Majah No. 3367, Ath Thabarani dalam Al Mu’jam Al Kabir No. 6124. Syaikh Al Albani mengatakan: hasan. Lihat Shahih wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 1726. Juga dihasankan oleh Syaikh Baari’ ‘Irfan Taufiq dalam Shahih Kunuz As sunnah An Nabawiyah, Bab Al Halal wal Haram wal Manhi ‘Anhu, No. 1)    

Kaidah ini memiliki makna yang sangat besar dalam kehidupan manusia. Mereka dibebaskan untuk melakukan apa saja dalam hidupnya baik dalam perdagangan, politik, pendidikan, militer, keluarga, penampilan, dan semisalnya, selama tidak ada dalil yang mengharamkan, melarang, dan mencelanya, maka selama itu pula boleh-boleh saja untuk dilakukan. Ini berlaku untuk urusan duniawi mereka. Tak seorang pun berhak melarang dan mencegah tanpa dalil syara’ yang menerangkan larangan tersebut.

Oleh karena itu, Imam Muhammad  At Tamimi Rahimahullah sebagai berikut menjelaskan kaidah itu:

ุฃู† ูƒู„ ุดูŠุก ุณูƒุช ุนู†ู‡ ุงู„ุดุงุฑุน ูู‡ูˆ ุนููˆ ู„ุง ูŠุญู„ ู„ุฃุญุฏ ุฃู† ูŠุญุฑู…ู‡ ุฃูˆ ูŠูˆุฌุจู‡ ุฃูˆ ูŠุณุชุญุจู‡ ุฃูˆ ูŠูƒุฑู‡ู‡
 “Sesungguhnya segala sesuatu yang didiamkan oleh Syari’ (pembuat Syariat) maka hal itu dimaafkan, dan tidak boleh bagi seorang pun untuk mengharamkan, atau mewajibkan, atau menyunnahkan, atau memakruhkan.” (Imam Muhammad At Tamimi,  Arba’u Qawaid Taduru al Ahkam ‘Alaiha, Hal. 3. Maktabah Al Misykah)

 Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah mengatakan:

ูˆู‡ูˆ ุณุจุญุงู†ู‡ ู„ูˆ ุณูƒุช ุนู† ุฅุจุงุญุฉ ุฐู„ูƒ ูˆุชุญุฑูŠู…ู‡ ู„ูƒุงู† ุฐู„ูƒ ุนููˆุง ู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ุงู„ุญูƒู… ุจุชุญุฑูŠู…ู‡ ูˆุฅุจุทุงู„ู‡ ูุฅู† ุงู„ุญู„ุงู„ ู…ุง ุฃุญู„ู‡ ุงู„ู„ู‡ ูˆุงู„ุญุฑุงู… ู…ุง ุญุฑู…ู‡ ูˆู…ุง ุณูƒุช ุนู†ู‡ ูู‡ูˆ ุนููˆ ููƒู„ ุดุฑุท ูˆุนู‚ุฏ ูˆู…ุนุงู…ู„ุฉ ุณูƒุช ุนู†ู‡ุง ูุฅู†ู‡ ู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ุงู„ู‚ูˆู„ ุจุชุญุฑูŠู…ู‡ุง ูุฅู†ู‡ ุณูƒุช ุนู†ู‡ุง ุฑุญู…ุฉ ู…ู†ู‡ ู…ู† ุบูŠุฑ ู†ุณูŠุงู† ูˆุฅู‡ู…ุงู„

Dia –Subhanahu wa Ta’ala- seandainya mendiamkan tentang kebolehan dan keharaman sesuatu, tetapi memaafkan hal itu, maka tidak boleh menghukuminya dengan haram dan membatalkannya, karena halal adalah apa-apa yang Allah halalkan, dan haram adalah apa-apa yang Allah haramkan, dan apa-apa yang Dia diamkan maka itu dimaafkan. Jadi, semua syarat, perjanjian, dan muamalah yang didiamkan oleh syariat, maka tidak boleh mengatakannya haram, karena mendiamkan hal itu merupakan kasih sayang dariNya, bukan karena lupa dan membiarkannya. (I’lamul Muwaqi’in, 1/344-345)

๐Ÿ“˜ Pandangan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah

Tertulis dalam Majmu’ Al Fatawa-nya:

ูˆَุณُุฆِู„َ: ุนَู†ْ ุงู„ุฑَّุฌُู„ِ ุฅุฐَุง ูƒَุงู†َ ุฌُู†ُุจًุง ูˆَู‚َุตَّ ุธُูْุฑَู‡ُ ุฃَูˆْ ุดَุงุฑِุจَู‡ُ ุฃَูˆْ ู…َุดَุทَ ุฑَุฃْุณَู‡ُ ู‡َู„ْ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุดَูŠْุกٌ ูِูŠ ุฐَู„ِูƒَ؟ ูَู‚َุฏْ ุฃَุดَุงุฑَ ุจَุนْุถُู‡ُู…ْ ุฅู„َู‰ ู‡َุฐَุง ูˆَู‚َุงู„َ: ุฅุฐَุง ู‚َุตَّ ุงู„ْุฌُู†ُุจُ ุดَุนْุฑَู‡ُ ุฃَูˆْ ุธُูْุฑَู‡ُ ูَุฅِู†َّู‡ُ ุชَุนُูˆุฏُ ุฅู„َูŠْู‡ِ ุฃَุฌْุฒَุงุคُู‡ُ ูِูŠ ุงู„ْุขุฎِุฑَุฉِ ูَูŠَู‚ُูˆู…ُ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْู‚ِูŠَุงู…َุฉِ ูˆَุนَู„َูŠْู‡ِ ู‚ِุณْุทٌ ู…ِู†ْ ุงู„ْุฌَู†َุงุจَุฉِ ุจِุญَุณَุจِ ู…َุง ู†َู‚َุตَ ู…ِู†ْ ุฐَู„ِูƒ
َ ูˆَุนَู„َู‰ ูƒُู„ِّ ุดَุนْุฑَุฉٍ ู‚ِุณْุทٌ ู…ِู†ْ ุงู„ْุฌَู†َุงุจَุฉِ: ูَู‡َู„ْ ุฐَู„ِูƒَ ูƒَุฐَู„ِูƒَ ุฃَู…ْ ู„َุง؟ .
ูَุฃَุฌَุงุจَ
ู‚َุฏْ ุซَุจَุชَ ุนَู†ْ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู…ِู†ْ ุญَุฏِูŠุซِ ุญُุฐَูŠْูَุฉَ ูˆَู…ِู†ْ ุญَุฏِูŠุซِ ุฃَุจِูŠ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُู…َุง {: ุฃَู†َّู‡ُ ู„َู…َّุง ุฐَูƒَุฑَ ู„َู‡ُ ุงู„ْุฌُู†ُุจَ ู‚َุงู„َ: ุฅู†َّ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†َ ู„َุง ูŠَู†ْุฌُุณُ} . ูˆَูِูŠ ุตَุญِูŠุญِ ุงู„ْุญَุงูƒِู…ِ: {ุญَูŠًّุง ูˆَู„َุง ู…َูŠِّุชًุง} . ูˆَู…َุง ุฃَุนْู„َู…ُ ุนَู„َู‰ ูƒَุฑَุงู‡ِูŠَุฉِ ุฅุฒَุงู„َุฉِ ุดَุนْุฑِ ุงู„ْุฌُู†ُุจِ ูˆَุธُูْุฑِู‡ِ ุฏَู„ِูŠู„ًุง ุดَุฑْุนِูŠًّุง ุจَู„ْ ู‚َุฏْ {ู‚َุงู„َ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู„ِู„َّุฐِูŠ ุฃَุณْู„َู…َ: ุฃَู„ْู‚ِ ุนَู†ْูƒ ุดَุนْุฑَ ุงู„ْูƒُูْุฑِ ูˆَุงุฎْุชَุชِู†ْ} ูَุฃَู…َุฑَ ุงู„َّุฐِูŠ ุฃَุณْู„َู…َ ุฃَู†ْ ูŠَุบْุชَุณِู„َ ูˆَู„َู…ْ ูŠَุฃْู…ُุฑْู‡ُ ุจِุชَุฃْุฎِูŠุฑِ ุงู„ِุงุฎْุชِุชَุงู†ِ. ูˆَุฅِุฒَุงู„َุฉِ ุงู„ุดَّุนْุฑِ ุนَู†ْ ุงู„ِุงุบْุชِุณَุงู„ِ ูَุฅِุทْู„َุงู‚ُ ูƒَู„َุงู…ِู‡ِ ูŠَู‚ْุชَุถِูŠ ุฌَูˆَุงุฒَ ุงู„ْุฃَู…ْุฑَูŠْู†ِ. ูˆَูƒَุฐَู„ِูƒَ ุชُุคْู…َุฑُ ุงู„ْุญَุงุฆِุถُ ุจِุงู„ِุงู…ْุชِุดَุงุทِ ูِูŠ ุบُุณْู„ِู‡َุง ู…َุนَ ุฃَู†َّ ุงู„ِุงู…ْุชِุดَุงุทَ ูŠَุฐْู‡َุจُ ุจِุจَุนْุถِ ุงู„ุดَّุนْุฑِ. ูˆَุงَู„ู„َّู‡ُ ุฃَุนْู„َู…ُ.

Ditanyakan:
Tentang seorang laki-laki yang junub dia memotong kukunya, atau kumisnya, atau menyisir kepalanya apakah dia terkena suatu hukum? Sebagian orang telah mengisyaratkan hal   demikian dan mengatakan: “Jika seorang junub memotong rambut atau kukunya maka pada hari akhirat nanti bagian-bagian yang dipotong itu akan kembali kepadanya dan akan menuntutnya untuk dimandikan, apakah memang demikian?”

Jawaban:
-----------------
Wa Alaikum salam wr wb,
Telah shahih dari Nabi ๏ทบ yang diriwayatkan dari Hudzaifah dan Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhuma,  yaitu ketika ditanyakan kepadanya tentang status orang junub, maka Beliau ๏ทบ bersabda: “Seorang mu’min itu tidak najis.” Dalam riwayat yang Shahih dari Al Hakim: “Baik keadaan hidup dan matinya”

Saya tidak dapatkan dalil syar’i yang memakruhkan memotong rambut dan kuku bagi orang yang junub.  Justru Nabi ๏ทบ  memerintahkan orang yang masuk islam, “Hilangkan darimu rambut kekufuran dan berkhitanlah.” Beliau juga memerintahkan orang yang masuk Islam untuk mandi. Dan beliau tidak memerintahkan agar potong rambut dan khitannya dilakukan setelah mandi. Tidak adanya perintah, menunjukkan bolehnya potong kuku dan berkhitan sebelum mandi. Begitu pula diperintahkannya (oleh Nabi) kepada  wanita haid untuk menyisir rambutnya padahal menyisir rambut akan merontokan sebagian rambutnya. Wallahu A’lam.” (Majmu’ Al Fatawa, 21/121)
Wallahu A'lam

๐ŸŒฟ๐ŸŒบ๐Ÿ‚๐Ÿ€๐ŸŒผ๐Ÿ„๐ŸŒท๐Ÿ๐ŸŒน

Dipersembahkan oleh:
www.iman-islam.com

๐Ÿ’ผSebarkan! Raih Bahagia...


@



Kamu sedang berada dipostingan APAKAH RAMBUT WANITA HAID YANG RONTOK HARUS DISUCIKAN?, APAKAH RAMBUT WANITA HAID YANG RONTOK HARUS DISUCIKAN?, APAKAH RAMBUT WANITA HAID YANG RONTOK HARUS DISUCIKAN?, APAKAH RAMBUT WANITA HAID YANG RONTOK HARUS DISUCIKAN?, APAKAH RAMBUT WANITA HAID YANG RONTOK HARUS DISUCIKAN?, APAKAH RAMBUT WANITA HAID YANG RONTOK HARUS DISUCIKAN?, APAKAH RAMBUT WANITA HAID YANG RONTOK HARUS DISUCIKAN? , APAKAH RAMBUT WANITA HAID YANG RONTOK HARUS DISUCIKAN?

0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

APAKAH RAMBUT WANITA HAID YANG RONTOK HARUS DISUCIKAN?