๐ Ahad, 03 Rajab 1437H / 10 April 2016
๐ Tazkiyatun Nufus
๐ Ustadz Ahmad Sahal Hasan Lc.
๐ PENGHALANG TURUNNYA AZAB ALLAH
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐
Azab Allah yang bersifat penghancuran umum - menurut sebagian ulama - tidak terjadi lagi setelah Allah swt menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa as berdasarkan isyarat dari ayat Al-Quran:
َََูููุฏْ ุขุชََْููุง ู
ُูุณَู ุงِْููุชَุงุจَ ู
ِْู ุจَุนْุฏِ ู
َุง ุฃَََْْููููุง ุงُْููุฑَُูู ุงْูุฃَُููู ุจَุตَุงุฆِุฑَ َِّูููุงุณِ َُููุฏًู َูุฑَุญْู
َุฉً َูุนََُّููู
ْ َูุชَุฐََّูุฑَُูู
Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Musa Al-Kitab (Taurat) sesudah Kami binasakan generasi-generasi yang terdahulu, untuk menjadi pelita bagi manusia, petunjuk dan rahmat, agar mereka ingat. (QS. Al-Qashash: 43)
Terkait isyarat dari ayat tersebut, Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan:
ุฃََُّูู ุจَุนْุฏَ ุฅِْูุฒَุงِู ุงูุชَّْูุฑَุงุฉِ َูู
ْ ُูุนَุฐِّุจْ ุฃُู
َّุฉً ุจِุนَุงู
َّุฉٍ ...
“Bahwa sesudah diturunkan Taurat, Allah tidak mengazab suatu ummat dengan azab yang menyeluruh...”
Sementara Firaun dan bala tentaranya dibinasakan sebelum Nabi Musa menerima Taurat.
Terlepas dari pendapat tersebut, ada beberapa hal yang menjadi penghalang turunnya azab Allah dengan penghancuran menyeluruh sebelum hari kiamat.
Azab Allah dengan penghancuran menyeluruh disebut dengan istilah azab isti’shal yaitu azab dengan penghancuran suatu komunitas secara menyeluruh sehingga tidak ada yang hidup lagi diantara mereka, seperti yang terjadi pada kaum ‘Ad, Tsamud, kaum Nabi Luth dan Firaun beserta bala tentaranya.
Ada beberapa faktor yang dapat menghalangi turunnya azab Allah yang bersifat penghancuran umum tersebut, meskipun azab Allah kepada individu atau beberapa pihak yang zalim masih mungkin terjadi.
1⃣Pertama, keberadaan pribadi Rasulullah saw, atau para ulama dan da’i atau kaum muslimin yang melakukan amar ma’ruf nahi munkar di tengah-tengah masyarakat.
َูุฅِุฐْ َูุงُููุง ุงَُّูููู
َّ ุฅِْู َูุงَู َูุฐَุง َُูู ุงْูุญََّู ู
ِْู ุนِْูุฏَِู َูุฃَู
ْุทِุฑْ ุนَََْูููุง ุญِุฌَุงุฑَุฉً ู
َِู ุงูุณَّู
َุงุกِ ุฃَِู ุงุฆْุชَِูุง ุจِุนَุฐَุงุจٍ ุฃَِููู
ٍ َูู
َุง َูุงَู ุงَُّููู ُِููุนَุฐِّุจَُูู
ْ َูุฃَْูุชَ ِِูููู
ْ َูู
َุง َูุงَู ุงَُّููู ู
ُุนَุฐِّุจَُูู
ْ َُููู
ْ َูุณْุชَุบِْูุฑَُูู
Dan (ingatlah), ketika mereka (orang-orang musyrik) berkata: "Ya Allah, jika betul (Al Quran) ini, dialah yang benar dari sisi Engkau, maka hujanilah kami dengan batu dari langit, atau datangkanlah kepada kami azab yang pedih."
Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. (QS. Al-Anfal: 32-33).
Juga berdasarkan hadits Nabi Muhammad saw dengan derajat hasan :
«َูุงَّูุฐِู َْููุณِู ุจَِูุฏِِู َูุชَุฃْู
ُุฑَُّู ุจِุงูู
َุนْุฑُِูู ََููุชَََُّْูููู ุนَِู ุงูู
َُْููุฑِ ุฃَْู َُูููุดََِّูู ุงَُّููู ุฃَْู َูุจْุนَุซَ ุนََُْูููู
ْ ุนَِูุงุจًุง ู
ُِْูู ุซُู
َّ ุชَุฏْุนَُُููู ََููุง ُูุณْุชَุฌَุงุจُ َُููู
ْ»
Demi Zat yang jiwaku berada di tangan-Nya, lakukanlah amar ma’ruf nahi munkar atau hampir saja Allah mengirimkan hukuman atas kalian dari-Nya kemudian kalian berdoa kepada-Nya lalu doa kalian tidak dikabulkan. (HR. Tirmidzi).
2⃣Kedua, keberadaan orang-orang yang beristighfar memohon ampun kepada Allah di tengah masyarakat.
Atau keberadaan orang-orang yang berdosa namun masih menyadari bahwa perbuatannya adalah dosa, dan masih menyesalinya dengan mohon ampun kepada Allah, seperti yang disebutkan oleh ayat 33 Surat Al-Anfal di atas.
Di dunia saat ini hampir selalu ada para da’i pelaku amar ma’ruf nahi munkar, atau kelompok kaum muslimin yang melakukan amar ma’ruf nahi munkar dengan menggunakan berbagai sarana, atau orang-orang yang masih memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa mereka.
Ummat-ummat terdahulu dihancurkan oleh Allah karena Nabi mereka dan orang-orang yang beriman diusir semuanya dari wilayah tempat mereka berbaur, atau karena Allah memerintahkan Nabi dan ummatnya yang beriman untuk pergi meninggalkan orang-orang kafir tersebut, seperti yang terjadi pada kaum Nabi Luth alaihissalam.
Sehingga wilayah itu menjadi steril dari orang-orang baik, kemudian Allah menurunkan azab-Nya.
3⃣Ketiga, karena Allah berkehendak menunda azab secara fisik untuk orang-orang zalim tanpa melalaikan perhitungan atas kezaliman yang mereka lakukan dan menyediakan azab yang pedih untuk mereka di akhirat.
ََููุง ุชَุญْุณَุจََّู ุงََّููู ุบَุงًِููุง ุนَู
َّุง َูุนْู
َُู ุงูุธَّุงِูู
َُูู ุฅَِّูู
َุง ُูุคَุฎِّุฑُُูู
ْ َِْูููู
ٍ ุชَุดْุฎَุตُ ِِููู ุงْูุฃَุจْุตَุงุฑُ
Dan janganlah sekali-kali kamu mengira, bahwa Allah lalai dari apa yang diperbuat oleh orang-orang yang zalim.
Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka) terbelalak (hari kiamat). (QS. Ibrahim: 42).
4⃣Keempat, adanya hikmah lain yang bisa jadi hanya Allah yang tahu sehingga Dia tidak menurunkan azab-Nya kepada suatu kaum meskipun penghalang-penghalang lain sudah tidak ada.
Diantara bentuk hikmah tersebut misalnya:
๐ Allah mengetahui bahwa diantara mereka di masa depan ada yang bertaubat, yang kafir menjadi muslim, yang zalim menjadi pembela orang yang dizalimi dan seterusnya.
Seperti yang terjadi pada Khalid bin Walid, Ikrimah bin Abu Jahal, Hindun binti Utbah radhiyallahu ‘anhum di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
َْููุณَ ََูู ู
َِู ุงْูุฃَู
ْุฑِ ุดَْูุกٌ ุฃَْู َูุชُูุจَ ุนََِْูููู
ْ ุฃَْู ُูุนَุฐِّุจَُูู
ْ َูุฅَُِّููู
ْ ุธَุงِูู
َُูู ََِِّูููู ู
َุง ِูู ุงูุณَّู
َุงَูุงุชِ َูู
َุง ِูู ุงْูุฃَุฑْุถِ َูุบِْูุฑُ ِูู
َْู َูุดَุงุกُ َُููุนَุฐِّุจُ ู
َْู َูุดَุงุกُ َูุงَُّููู ุบَُููุฑٌ ุฑَุญِูู
ٌ
Tak ada sedikitpun campur tanganmu dalam urusan mereka itu, Allah menerima taubat mereka, atau mengazab mereka karena sesungguhnya mereka itu orang-orang yang zalim.
Kepunyaan Allah apa yang ada di langit dan yang ada di bumi. Dia memberi ampun kepada siapa yang Dia kehendaki; Dia menyiksa siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Ali Imran: 128-129).
๐Allah mengetahui bahwa diantara keturunan mereka kelak ada yang beriman kepadaNya sehingga sekalipun mereka tidak bertaubat hingga akhir hayat, kehidupan mereka diperlukan untuk melahirkan keturunan yang shalih di masa depan.
Ketika Rasulullah ditawarkan oleh malaikat penjaga gunung untuk menghancurkan orang-orang kafir yang menyakiti beliau dengan menimpakan dua buah bukit kepada mereka, Rasulullah menjawab:
ุจَْู ุฃَุฑْุฌُู ุฃَْู ُูุฎْุฑِุฌَ ุงَُّููู ู
ِْู ุฃَุตْูุงَุจِِูู
ْ ู
َْู َูุนْุจُุฏُ ุงََّููู َูุญْุฏَُู، ูุงَ ُูุดْุฑُِู ุจِِู ุดَْูุฆًุง
Bahkan aku berharap Allah mengeluarkan dari sulbi mereka keturunan yang akan beribadah kepada Allah semata, tidak menyekutukan-Nya. (HR. Bukhari & Muslim).
Shalawat & salam untukmu wahai teladan ummat..
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐๐น
Dipersembahkan:
www.iman-islam.com
๐ผ Sebarkan! Raih pahala...
@
Tagged @ Ahmad Sahal
Tagged @ Materi
Tagged @ Tazkiyatun Nafs
Kamu sedang berada dipostingan PENGHALANG TURUNNYA AZAB ALLAH, PENGHALANG TURUNNYA AZAB ALLAH, PENGHALANG TURUNNYA AZAB ALLAH, PENGHALANG TURUNNYA AZAB ALLAH, PENGHALANG TURUNNYA AZAB ALLAH, PENGHALANG TURUNNYA AZAB ALLAH, PENGHALANG TURUNNYA AZAB ALLAH , PENGHALANG TURUNNYA AZAB ALLAH
0 comments:
Post a Comment - Kembali ke Konten